Hai sobat voluptarians, balik lagi sama aku. Kali ini aku mau cerita dikit tentang pengalamanku naik bus. Voluptarians, khususnya yang tinggal di jawa, pasti tahu kalau bus ekonomi jurursan Surabaya-Jogja mempunya predikat raja jalanan. Predikat ini diberi bukan karena kenyamanan bisnya, melainkan karena kecepatan dan keberanian sopir bus dalam berkendara. Dulu, waktu masih sekolah sering banget kehabisan jalan dan terpaksa turun ke bahu jalan gara-gara dilibas sama bus. Padahal kondisi jalan terhitung ramai. Gimana sih rasanya melakukan perjalanan di malam hari dengan naik bus? Simak terus ya!
April 2019, kalau tidak salah hari minggu setelah pemilu, aku harus balik lagi ke perantauan karena besoknya kuliah. Rencananya sih mau berangkat sore gitu jam 5 biar ada waktu dikit buat istirahat, tapi gara-gara ketiduran, akhirnya aku baru berangkat dari rumah jam 9 malam (telat banget ya, tapi ya udah daripada ga kuliah). Sampai terminal sekitar setengah sepuluh malam, ya rumahku memang agak jauh dari kota sih. Di terminal sragen, sudah gaada orang sama sekali. Jadinya aku keluar lagi dari terminal ke lampu merah buat “nyegat” bus. Bener aja pas di lampu merah ga lama dateng bus tujuan surabaya. Ga pake mikir, ku langsung naik ke bis.
Kebetulan waktu itu udah sepi banget. Di dalem bis aja cuma ada pak sopir, kernet bus, dan 6 orang penumpang, ditambah aku jadi 7. Hampir semua tempat duduk kosong, jadi bakal banyak pilihan. Sedikit mikir mau duduk dimana, akhirnya aku putuskan untuk duduk tepat di belakang sopir. Ketika duduk, atmosfer yang terasa seketika langsung berubah. Rasanya seperti berada di belakang kemudi mobil balap. Perspektif dari seorang sopir bis kerasa banget. Kita bisa lihat manuver sopir kaya gimana, komunikasi sama navigator (kernet) kaya apa, ngambil keputusan buat nyalip juga jadi satu hal yang justru menjadi satu hiburan tersendiri buatku. Apalagi ditambah kondisi jalan yang udah terlanjur sepi, membuat pak sopir semakin tancap gas. sempat ku lirik speedometer yang ada di persis di depanku menunjukkan kecepatan 135kmh, kecepatan yang rasanya udah kenceng banget buat sebuah bis untuk melaju.
Tapi lucunya, dengan kecepatan sekenceng itu, si sopir nyetirnya masih santai aja, bahkan sesekali sambil menikmati enaknya rokok kretek yang di nyalakan. Bercanda dengan kernet juga menjdi hal yang wajib dilakukan buat ngilangin rasa suntuk berkendara malem. Sesekali, si sopir juga melibatkan ku masuk dalam candaannya seperti ”sampean ojo koyo kernet iku mas, dee iku males asline” (kamu jangan jadi seperti si kernet mas, dia itu sebenarnya pemalas) masih teringat jelas. Dan sepanjang perjalanan pun si sopir juga banyak cerita kepadaku tentang pengalamannya menjadi sopir bus di malam hari. Katanya bosen banget. Jarang nyelip, kecepatan stabil dan kantuk menjadi beberapa hal yang buat si sopir merasa bosan. Alhasil akupun juga ikut cerita-cerita dengan si sopir buat ngilangin rasa bosan juga (daripada pasang headset terus tidur).
Gak kerasa sudah hampir sampai ke terminal surabaya. Total perjalanan yang kami lalui 3,5 jam… iya 3,5 jam. Padahal setidaknya kalo aku naik motor aja butuh 5 jam. Ini Cuma 3,5 jam loh, apalagi make kendaraaan yang dimensinya gak main-main gedenya. Disitu pun sempet aku singgung ke pak sopir “pak opo ga wedi mati (pak apa gak takut mati)” dan si sopir menjawab, “mati iku wes resiko urip nang dalan, seng penting tetep fokus nyetir seng utama (mati itu udah resiko hidup di jalan, yang penting tetep fokus nyetir yang utama)”. Karena jawaban itu pun kami masih sempat ketawa bersama sebelum aku turun dan berpisah sama pak sopir.
Itu tadi pengalaman yang unik banget dan ga akan pernah gampang buat dilupain. Ya meskipun agak bahaya, tapi ku bersyukur sampe saat ini masih bisa nulis cerita ini. Buat pak sopir, kalo kebetulan baca, ayo maneh pak. Wkwk.